JENIS POLUSI PADA LINGKUNGAN KERJA


Pendahuluan

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau di masukkannya makhluk hidup, zat energy, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan limgkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu menyebabkan lingkungan  menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Jenis Polusi

Polusi dapat di bedakan berdasarkan pada tempat terjadinya dan bahan pencemarnya.

A.  Polusi Berdasarkan Tempat Terjadinya

Berdasarkan tempat terjadinya, polusi dI bedakan menjadi 3, yaitu polusi udara, air, dan tanah.

1. Polusi Udara

Udara mengandung oksigen, yang sangat di butuhkan untuk kelangsungan hidup baik manusia maupun makhluk hidup lainnya. Udara merupakan campuran dari gas yang terdiri dari sekitar 78% nitrogen, 20% helium, 20% oksigen, 0,93% karbon dioksida (CO₂), dan sisanya terdiri dari neon (Ne), helium (He), metana (CH₄), dan hydrogen (H₂).

Polusi udara adalah adannya salah satu attau lebih substansi kimia, biologi, atau fisik di atmosfer dalam jumlah melebihi keadaan normal yang dapat memahayakan manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan abiotik, mengganggu estetika, dan kenyamanan. Berikut ini akan di bahas mengenai sumber polusi, jenis polutan, dan dampak dari polusi udara.

a. Sumber Polusi Udara

Sumber polusi udara yang disebabkan oleh kegiatan manusia adalah akibat aktivitas industri, transportasi, pembuangan sampah, dan rumah tangga. Adapun sumber polusi udara alami dan tanpa disengaja (kecelakaan) di antaranya berasal dari letusan genung berapi dan kebakaran hutan.

b. Jenis Polutan (Pencemar) Udara

Jenis polutan atau pencemar udara dapat dikelomppokan mejadi polutan primer dan polutan sekunder.

1)  Polutan Primer

Polutan primer adalah substansi pencemar yang langsung di timbulkan  dari sumber polusi. Contoh polutan primer, antara lain CO, CO₂, hidrokarbon, SO, nitrigen oksida, dan berbagai partikel.

2)  Polutan Sekunder

Polutan sekunder adalah substansi pencemar yang terbenruk dari reoksi polutan primer di atmosfer. Contah polutan sekunder adalah ozon, formaldehida, dan Peroxy Acyl Nitrate (PAN).

c. Dampak Polusi Udara

Polusi udara akan berdampak pada kesehatan manusia, tanaman, hujan asam, efek rumah kaca, kerusakan lapisan ozon. Dampak polusi udara yang umum adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut).

2. Polusi Air

Berikut  ini akan dibahas mengenai sumber polusi, bahan pencemar, dan dampak polusi air.

a. Sumber polusi dan bahan pencemar air

Pembuangan kotoran rumah tangga, limbah industri, pengaliran pertanian dan kesalahan dalam pengelolaan limbah padat dapat mencemarkan air permukaan dan air tanah. Selain itu, penyimpangan bahan kimia yang tidak tepat dan penggunaan bahan pertanian (termasuk pupuk pestisida) semakin member peluaang terjadinya pencemaran air.

b. Dampak polusi air

Apabila air yang tercemar dikonsumsi oleh manusia, secara umum dapat menimbulkan berbagai dampak pada kesehatan, seperti penyakit kulit, infeksi lambung, dan diare. Selain itu, pencemaran air oleh merkuri (Hg) dari hasil samping kegiatan tambang emas secara tidak langsung dapat menyebabkan bebagai macam penyakit. Kontaminasi merkuri berdampak pada kesehatan yang serius. Merkuri memengaruhi otak, ginjal, paru-paru, dan hati.

3. Polusi Tanah

Pembuangan sampah padat yang sukar hancur atau terurai dan penggunaan pupuk pestisida tidak tepat, dapat menyebabkan polusi tanah. Beberapa sumber serta bahan pencemar polusi tanah, yaitu sampah yang sukar hancur (plastik, kaca, aluminium, dll), limbah rumah tangga (detergen), dan bahan kimia racun (pupuk dan pestisida).

 B.  Polusi Berdasarkan Jenis Polutan

Berdasarka polutan (bahan pencemar), polusi dapat di kelompokkan menjadi polusi karena bahan fisik (alumunium, plastik, kaca dan karet sintetis), bahan kimia (logam (Hg, Pb, As, Cr, dan Cd), detergen, minyak, pestisida, dan pupuk organik), bahan biologi (mikroorganisme, seperti Salmonella thyposa, Escherichia coli, dan Entamoeba coli).

About these ads

4 Tanggapan

  1. situs ini bagus…. usulan z kank…… kalo bs dimuat jg tinjauan2 agamanya… hehehehehehehe.

  2. bagus…. semangat kawan, dikembangkan terus…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: