Program Langit Biru


Program langit biru merupakan progrram yang bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan baik dan sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak seperti kendaraan bermotor. Untuk menggalakkan program langit biru, di antara langkah-langkan yang di ambil adalah dengan mengukur kualitas udara ambien. Mengukur kualitas udara ambien merupakan pengukuran konsentrasi zat atau polutan di dalam lingkungan.

A.  Latar Belakang

Udara merupakan faktor yang penting dalam kehidupan, tetapi dengan meningkatnya pembangunan fisik kota dan pusat-pusat industri, kualitas udara telah menurun. Perubahan lingkungan udara pada umumnya disebabkan pencemaran udara. Masuknya zat pencemar ke dalam udara dapat terjadi secara alamiah atau akibat kegiatan manusia (antropogenik). Kegiatan transportasi merupakan sumber utama penyebab terjadinya pencemaran udara. Kegiatan bermotor merupakan sumber pencemar udara karena menghasilkan gas CO, NOx, hidrokarbon, SO₂dan tetraethyl lead. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menguringi potensi pencemaran udara akibat timbel (gerakan bebas timbel), yaitu sebagai berikut :

1.  Pemasyarakatan pengunaan bahan bakar bebas timbel.
2.  Pengunaan teknologi/ alat saringan timbel pada perangkat mesin kendaraan bermotor.
3.  Penelitien dan pemantauan melalui kampanye udar bersih dan uji emisi gas buang kendaraan bermotor, dalam rangka 4. penetapan rekomendasi pemeliharaan mesin.
4.  Peraturan perundangan.
5.  Meningkatka ruang terbuka hijau perkotaan.

B.  Maksud dan Tujuan

Kegiatan kampanye udara bersih dan uji emisi gas buang kendaraan bermotor dimaksudkan sebagai upaya sosialisasi, pemantauan, dan pengendalian pencemaran udara sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.Kegiatan kampanye udara bersih dan uji emisi gar buang kendaraan bermotor juga memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut :

1.  Untuk memantau kualitas gas buang kendaraan bermotor roda empat, khususnya kendaraan pribadi dan kendaraan dinas.
2.  Memberikan pelayanan kepada masyarakat pemakai/ pengguna dalam bentuk informasi kualitas gas buang kendaraannya.
3.  Memberikan rekomendasi tindak lanjut pemeliharaan kendaraan.

C.  Sumber Polusi

Sumber polusi yang utama berasal dari transportasi. Sumber-sumber polusi lainnya, diantaranya pembakaran, proses industry, dan pembuangan limbah. Banyak industry menggunakan sumber energy bahan bakar fosil yang menghasilkan polutan primer. Contahnya, sulfur dioksida (SO₂) merupakan polutan yang dihasilkan dari pembakaran batu bara.

Satu Tanggapan

  1. numpang copy artikelnya mas
    sedikit saran ni mas….
    untuk selanjutnya ada baiknya sumber artikelnya di sertakan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: