DASAR-DASAR MANAJEMEN


A.    KONSEP MANAJEMEN

Manajemen sangat dibutuhkan oleh sebuah organisasi maupun perusahaan karena merupakan pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain. Konsep dasar dari manajemen meliputi pengerian dan pentingnya manajemen.

  1. Pengertian Manajemen

Manajemen memiliki pengertian yang sangat luas, sehingga dalam praktiknya tidak ada pengertian yang dapat digunakan secara konsisten oleh semua orang. Untuk mengetahui pengertian manajemen dalam pembahasan ini akan dibatasi pada tiga pengertian manajemen, yaitu:

a. Manajemen Sebagai suatu proses

Menurut James A. Stoner, Manajemen merupakan suatu proses, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha dari anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi yang lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Dalam meningkatkan hasil suatu produksi manajer tidak cukup hanya memotivasi karyawannya, namun juga perlu menyediakan peralatan produksi yang baru dan lebih canggih agar sumber daya manusia dan finansial dapat bekerja secara optimal dalam mencapai tujuannya.

b. Manajemen sebagai hubungan kolektivitas yang melakukan aktivitas manajemen

Manajemen dapat definisikan sebagai segenap orang-orang yang melakukan yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu. Sebagai mana pendapat dua ahli ekonomi Haiman dan Gorge R. Terry  yang mengatakan bahwa manajemen  merupakan fungsi untuk mencapai sesuatu yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

c. Manajemen sebagai seni dan ilmu

Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan yang mendapatkan hasil dan manfaat atau manfaat. Sedangkan, manajemen sebagai ilmu bersifat universal dan menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang sistematis, mencakup kaidah, prinsip, dan konsep yang cenderung benar dalam semua situasi manajerial berfungsi menerangkan fenomena-fenomena (gejala-gejala), kejadian-kejadian, keadaan-keadaan, yang memberikan penjelasan.

Pada umumnya manajer akan efektif menggunakan pendekatan ilmiah dalam pembuatan Keputusan apalagi di tunjang dengan peralatan teknologi yang canggih. Namun, dalam banyak aspek seperti perencanaan, kepemimpinan, komunikasi, dan segala sesuatu yang menyangkut unsur manusia, manajemen juga harus menggunakan pendekatan seni.

2.  Kebutuhan Akan Manajemen

Manajemen sangat dibutuhkan oleh semua organisasi dan kebutuhan manajemen sebuah organisasi didasarkan pada beberapa alasan, yaitu:

a. Untuk pencapaian tujuan

Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan pribadi. ini artinya manajemen merupakan proses dengan mana tujuan-tujuan organisasi yang ditetapkan dicapai.

b. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan

Manajemen di butuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi.

c. Untuk Mencapai Efisiensi Dan Efektivitas

Suat kerja sebuah organisasi yang berbeda dapat diukur dengan banyak cara  yang berbeda. Cara umum yang digunakan adalah adalah efisien dan efektif. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sedangkan efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atas pencapaian yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: